One Small Bottle a Day: Surat Cinta dari Rerumputan dan Pepohonan

Duhai Cinta;

Terberkatilah engkau karena di dalam dirimu bersemayam lembut hati yang menyayangi; Helaan nafasku terpatri di dalam bait doa atas rasa nyaman belaianmu; pun kala aku merintih dan meneteskan air mata ke hadapan Sang Maha Cinta;Kecintaanmu adalah anugrah. Selalu.

Maka sekiranya Sang Maha Cinta ridha biarkanlah aku bersyukur dengan hidmat nan membesar; pun jika aku tidak terbekali dengan kemampuan persembahan kemolekan dan harum bunga; maka biarlah fitrah kemampuan berfotosintesisku sajalah sebagai penukar untuk air kecintaanmu.

Duhai betapa senangnya bila kau dapat merasakan nyaman karena kaumku memberimu damai hamparan hijau dalam hembusan segar udara pagi; Semoga kau berkenan menerima yang demikian itu sebagai penukaran persembahan dari terima kasihku beserta cinta segenap kaumku. Lalu jika kelak kemudian Rabb-ku memberkatiku dengan buah; maka ketahuilah olehmu itu adalah isyarat dari Sang Maha Cinta yang bersuka atas kelembutan hatimu; Semoga kau pun menerima caraku beserta kaumku bersuka atas cintamu. [IY10082012]

 

Dear All;

Mari jadikan dengan kecintaan agar ‘Surat Cinta Rerumputan dan Pepohonan’ itu menjadi bagian dari keseharian kita. Caranya sangat sederhana. Semuanya akan menjadi nyata mana kala kita dapat memastikan membawa sebotol air (sekecil apa pun volumenya) setiap hari saat pergi bekerja atau beraktivitas di kampus atau di mana saja. Setiba di tempat tujuan (kampus atau dimana saja), temukanlah rerumputan atau pohon di dalam pot, bunga di taman, dan lain-lain yang tanahnya nampak kering. Siramlah air dari botol kecintaan Anda tadi dengan mengharap Ridha Tuhan.  Semoga gerakan kecil kita ini dapat menjadi budaya dan menghasilkan perubahan berarti meski sekecil apa pun di masa depan.

Gerakan One Small Bottle a Day* adalah bentuk komitmen sederhana untuk Go Green with a Real Small Step in Daily Life yang diinisiasi di Jurusan Fisika FMIPA UNS. Sekiranya Anda berminat untuk menjadi bagian dari gerakan ini silahkan menghubungi saya melalui email di iwanyy@yahoo.com atau kontak ke nomor 085728911920 [Dewi Aysiah] dan 085747333675 [Intan Fitalia]. Dewi dan Intan adalah student di Jurusan Fisika yang bersama saya dan beberapa student lain menjadi pengelola gerakan ini.

Sebagai informasi, gerakan ini dirancang dengan tiga misi utama yakni:
1. Edukasi dan Literasi Publik tentang isu lingkungan, masa depan, dan kearifan berkait pemakaian air;
2. Eco-friendly Innovation Development, termasuk In-Out Water Management Principle;
3. Self Sufficient Gardening (planting, composting, organic fertilizing)

Salam.

*Desain Logo dikerjakan oleh Rea Yayang Basai – Student di Jurusan Biologi Angkatan tahun 2012