Software Akustik Gratis

Dear Student,

Saya sajikan disini tiga ragam software gratis yang saya yakin sangat bermanfaat untuk kegiatan belajar dan berkreativitas kita. Dua software pertama adalah AlphaDoc dan IRis disajikan oleh FreeACOUSTICS yang link-nya saya sajikan pada Acoustics Link dari blog ini. Adapun software berikutnya adalah TOA Speaker Placement Viewer.

AlphaDoc

AlphaDoc merupakan software yang dirancang untuk simulasi perhitungan koefisien serapan bunyi yang didukung dengan basis data dari lebih seratus item bahan. Prinsip kerja dari software ini sama dengan WinFLAG dan SoundFlow.

IRis

Jika AlphaDoc dirancang untuk perhitungan koefisien serapan bunyi, maka IRis merupakan software untuk perhitungan parameter akustik ruangan seperti RT30, Clarity-C80, D50, Loudness, dan lain-lain. Kombinasi AlphaDoc dan IRis tentu sangat membantu pekerjaan simulasi kinerja serapan bahan dan analisis kinerja akustik ruangan.

TOA SPV

Produk ini dirancang untuk simulasi jumlah kebutuhan loudspeaker di dalam sebuah ruangan untuk mendapatkan kualitas akustik yang baik. Format zip dari software ini dapat diunduh secara gratis. Klik disini untuk memperolehnya.