Acoustics Study Club @ iARG

[update 17 Juni 2012]:

Foto dari aktivitas pengujian kinerja akustik ruangan. Beberapa ragam prototipe diffusorber yang dikembangkan mahasiswa yang tergabung dalam ASC@iARG. Pada pengujian tahap awal dilakukan dampak pemakaian diffusorber pada nilai waktu dengung di salah satu ruangan di Gedung B FMIPA. Handheld analyzer B&K 2270 beserta power amplifier dan sound source B&K digunakan dalam eksperimen ini. Untuk kepentingan analisis digunakan perangkat lunak B&K Pulse Reflex.

[update 19 Maret 2012]

Dear Student,

Untuk kepentingan pengelolaan kegiatan ASC@iARG, maka tentu diperlukan sejumlah orang yang bersedia mengambil ‘peran peengelolaan kegiatan dan layanan’ agar tujuan ASC@iARG dapat tercapai. Berkait dengan hal itu, saya berterima kasih kepada tiga rekan Anda, Nining, Ida, dan Erna yang berturut-turut bersedia mengambil peran sebagai Koordinator, Sekretaris, dan Bendahara ASC@iARG.

Tentu ada yang bertanya mengapa ada Bendahara segala? Dapat saya katakan, maksudnya adalah dalam perspektif antisipasi semata karena saya percaya bahwa dengan semangat yang baik, tentu di masa depan kita akan dapat berkreasi dan mengembangkan aktivitas yang membutuhkan peran seorang Bendahara. Adapun menyangkut biaya [untuk pembelian bahan dan tools] bagi kegiatan terfokus ASC@iARG saat ini yang meliputi pengembangan peredam, diffuser, dan exhaust muffler akan menjadi tanggungan pribadi saya.

Demikian, semoga bermanfaat.

Salam.

—————————————————————————————————————

[previous post on March 8, 2012] Dear Student,

Sebagai bagian dari riset dan skema pengembangan strategis jangka panjang, saya mengajak Anda yang berminat pada kajian Fisika Akustik maupun aspek enginnering-nya untuk bergabung dengan Acoustics Study Club [ASC-iARG]. Di kelompok ini diharapkan dapat terjadi interaksi dan diskusi [bahkan termasuk desiminasi] tentang persoalan dan inovasi akustik terapan.

Tema terpilih yang akan menjadi fokus kajian tahun ini [sesuai dengan fokus riset iARG] adalah: Sound Absorbers, Diffusers, dan Exhaust Muffler. Jika Anda memiliki ketertarikan dan atau minat serius terhadap persoalan berkait dengan ketiga subyek tersebut silahkan bergabung. Kajian akan mencakup aspek perancangan teoretik, simulasi, pengukuran, hingga bentuk terapannya.

Sebagai gambaran, untuk kepentingan simulasi diffuser kita dapat menggunakan tool dari AFMG; WinFLAG untuk sound absorber; serta mengenal ADEM maupun SIDLAB untuk simulasi muffler. ADEM dikembangkan oleh Professor Erkan Dokumaci, sementara SIDLAB adalah produk dari Spectronics. Saya sajikan link-nya di blog ini. Sekedar informasi, iARG telah mengagendakan untuk membeli software dari AFMG untuk kepentingan simulasi diffuser pada semester ini. Ada pun SIDLAB atau ADEM telah masuk sebagai bagian dari perencanaan pembelian dalam skema riset iARG berikutnya.

Untuk kepentingan pengujian, kita memiliki fasilitas sangat memadai untuk setiap aspek kajian dari subyek diskusi tersebut di atas. Dengan cara ini, saya berharap bahwa proses pencerahan yang kita lakukan di Jurusan Fisika selama ini dapat terwujud dalam bentuk yang nyata meski mungkin itu hanya berupa inovasi [yang diawali dari mimpi] sangat sederhana.

Diskusi [tatap muka] dilaksanakan setiap pekan sesuai agenda perkuliahan Fisika Akustik. Di luar itu, tentu kita dapat berdiskusi melalui blog ini. Beragam macam bahan bacaan yang berkait topik kajian tersedia di iARG.

Silahkan feel free to join the club. Salam.