Link untuk Free Access Journal

Dear Sahabat,

[Frankly speaking, saya sering merasa sangat terganggu karena tak jarang ] Hari gini masih ada di antara kita yang merasa susah mendapatkan akses ke jurnal internasional. Sedih sekali. [Saya sebenarnya ingin bilang Jangan] Bikin malu [UNS] ah..! Ayo, mari kita berterima kasih kepada mereka yang telah membuat dunia ini berada di ujung jari berkat teknologi internet. Tentu mari [sangat berterima kasih] kepada mereka yang telah menghasilkan karya sehingga kita semua dapat mengambil pencerahan kemudian tergerak menciptakan pencapaian signifikan sebaik kemampuan terbaik kita [Amin Ya Rabb].

Sesungguhnya terdapat banyak pilihan cara untuk mendapatkan artikel dari jurnal internasional. Cara paling mudah tentu dengan melakukan pencarian di Google Scholar atau di ditus lain misalnya Directory of Open Access Journal (DOAJ). Disamping itu terdapat banyak institusi yang menyajikan akses pada publikasi mereka secara gratis. Hindawi Publishing misalnya, menerbitkan ratusan jurnal yang semua artikelnya dapat diunduh dengan bebas. Begitu pula dengan Research India Publications (RIP) yang mengelola puluhan jurnal berbagai bidang ilmu. Hal yang sama berlaku pula untuk J-STAGE maupun JSTOR. Adapula Highwire dari Universitas Stanford serta InTech. Link ke semua laman web tersebut saya sediakan di kolom sebelah kiri blog ini. Pilihan cara lain yang sering saya gunakan untuk menemukan sumber bacaan saya adalah CiteSeerX. Linknya juga saya sediakan di blog ini.

Saya tidak memungkiri terkadang artikel yang kita butuhkan itu tidak gratis. Untuk mengatasi hal ini, pertama, mintalah bantuan kolega yang institusinya memiliki akses ke jurnal dimana artikel itu diterbitkan. Jika cara pertama ini tidak berhasil [dan sekiranya jurnal tersebut merupakan kategori bacaan utama yang menunjang aktivitas riset dan layanan mengajar] maka saya sangat menyarankan cara kedua yang paling elegan yakni berlanggananlah! Berdasarkan pengalaman pribadi saya, berlangganan jurnal itu [relatif] murah sekali dalam perspektif pengembangan karir sebagai dosen. Sekedar menyemangati saja, saya menjadi member di dua asosiasi internasional dan berlangganan dua jurnal internasional, biayanya tidak menghabiskan ‘jatah’ uang makan bulanan! Dengan cara itu saya merasa sangat terbantukan untuk ‘mengawal’ aktivitas riset saya agar tidak tertinggal dari state of the art.

Selain dua cara tersebut, masih ada pilihan cara untuk mendapatkan jurnal yang kita butuhkan. Surati penulisnya, katakan dengan santun [tanpa merendahkan diri sendiri] bahwa publikasinya merupakan acuan sangat bernilai untuk aktivitas riset Anda yang sedang berjalan, karena itu – jika si penulis berkenan – Anda berharap dapat diberi free copy-nya. Dalam banyak kesempatan – dulu sebelum berlangganan – saya menempuh cara itu dan berhasil.

Saya percaya bahwa sejatinya terdapat sangat banyak cara untuk [kita semua] mendapatkan bacaan yang kita butuhkan. Persoalan yang sering muncul adalah bahwa terkadang banyak dari kita yang masih ‘mengabaikan’ pilihan solusi sederhana sebagaimana yang saya kemukakan di atas.

Selamat bekerja cerdas, semoga selalu sehat dan semangat untuk dengan kehebatan cinta terjaga menjadi yang terdepan sebaik [potensi dan hikmah] yang Sang Maha Cinta telah sematkan dalam diri kita masing-masing.

Salam Kecintaan UNS.