Demo dan Pengukuran dengan LDV oleh PolytecSEA Singapore

Dear all,

Lama tidak sempat update perkembangan di iARG, maka diselah kesibukan perkuliahan yang telah mulai jalan serta persiapan pelaksanaan beberapa skema riset tahun ini, saya dengan senang hati berbagi tentang pengukuran getaran dengan piranti laser Doppler vibrometer (LDV) yang berlangsung di iARG .

Pada tanggal 12 Februari yang lalu Mr. Chris Chia dari PolytechSEA Singapore disertai Bapak David Stefanus dari Dynatech Jakarta telah berkunjung ke iARG. Kunjungan hari itu diisi dengan dua kegiatan yakni demo dan featuring teknologi LDV Polytech di Jurusan Teknik Sipil. Beberapa contoh aplikasi untuk pengukuran getaran struktur dan ground vibration disajikan. Selepas dari Teknik Sipil, saya, Cris, dan David melakukan eksperimen sederhana di iARG.

Dalam eksperimen itu saya mencoba untuk melihat profil getaran yang terpicu oleh bunyi (bising) yang terpapar pada struktur panel. Terdapat empat ragam konfigurasi yang telah dicoba. Dalam hal ini eksperimennya dilaksanakan dengan menggunakan Tabung Impedansi Bruel&Kjaer yang kita punya, Pulse, serta empat buah mikrofon yang digunakan secara serempak dengan LDV. Hasilnya seperti tersaji di dalam gambar di atas.

Sekedar tambahan wawasan, LDV bekerja di atas prinsip interferometri dan effek Doppler. Sumber laser di dalam alat LDV terlebih dahulu dibagi menjadi dua: satu berkas referensi dan satu berkas uji. Berkas uji yang mengenai target atau obyek bergetar kemudian akan mengalami perubahan frekuensi sesuai kaidah dalam effek Doppler. Perbandingan kedua berkas tersebut kemudian digunakan untuk mengetahui getaran dari subyek yang diukur.