Buku Teks dan Penunjang Mekanika I

Dear Student,

Berkait dengan perkuliahan Mekanika I yang saya dan Pak Harjana kelola, maka disamping buku utama Classical Mechanics karya Thornton and Marion, saya merekomendasikan buku penunjang sebagai berikut:

Classical Mechanics, R.K.Shukla and Anchal Srivastava, New Age International Publishers 2006. Selayaknya kebanyakan buku India, buku ini menarik untuk dijadikan bahan belajar. Selain karena penyajiannya detil, memuat pula banyak soal dan pertanyaan yang disertai pembahasan.

Classical Mechanics System of Particles and Hamiltonian Dynamics by Walter Greiner. Springer 2010. Buku ini juga menyajikan sejumlah contoh soal dan penyelesaian meski tidak sebanyak yang tersaji di buku Shukla and Anchal.

Solved Problems in Classical Mechanics by O. L. De Lange and L. Pierre’s. Oxford 2010. Keunikan buku ini adalah karena menyajikan comment pada setiap pembahasan ya.

Lagrangian & Hamiltonian Mechanics. Solutions to the Exercises by M. G. Calkin, world Scientific 1999. Berisi soal dan pembahasan yang detil untuk setiap lingkup pokok bahasan.

Classical Mechanics Theory and Mathematical Modeling. Buku ini disusun sesuai dengan perspektif Lagrange yang memandang bahwa Mekanika sebagai cabang dari matematika yang dibangun dengan pijakan prinsip-prinsip fisika.

Soft copy dari keseluruhan buku penunjang tersebut di atas dapat diakses di iARG.