Plagiarism Triangle

 

Plagiarisme merupakan ragam dari academic misconduct yang sangat memperihatinkan. Perbuatan tercela itu dapat terjadi karena ketidaksengajaan, namun juga tidak jarang karena kesengajaan. Dari benyak kasus plagiarisme yang [terjadi di tempat dan dilakukan oleh orang] terkenal, dapat dikenali bahwa pemicu plagiarisme terdiri dari tiga elemen yang berkaitan satu sama lain.

Ketiga elemen dimaksud adalah, (i). mental koruptif, (ii). ekspektasi tak wajar dan ketidakmampuan membuat value proposition, serta (iii). sistem inovasi yang tidak kokoh.  Uraian selengkapnya dapat dibaca [atau diunduh] pada link di bawah ini, yang merupakan makalah saya pada Sarasehan Program Studi Agroteknologi UPN Veteran Yogyakarta pada tanggal 21 Desember 2011.

Makalah lengkap Plagiarism dan Karya Kita_Iwan Yahya_edited.

Sebagai tambahan perspektif untuk plagiarisme, saya sajikan link ke website Indiana University Bloomington School of Education sebagai berikut:

https://www.indiana.edu/~istd/

Situs tersebut menyajikan contoh yang baik tentang plagiarisme. Juga terdapat link untuk menguji wawasan pembaca dalam bentuk test.

Salam.