Workshop with Dr Ryu

Dear Student,

Professor Yunseon Ryu dari Bruel&Kjaer Denmark akan berada sehari penuh di iARG pada tanggal 7 Maret 2011. Bersama-sama kami akan mengadakan workshop dalam bidang pengujian bahan (acoustic material testing) berbasis teknik dekomposisi spektral dengan tabung impedansi B&K 4206. Pada hari berikutnya Prof Ryu akan menjadi salah satu pembicara di ajang AGCM di Solo Paragon dengan topik Noise Source Identification and Acoustic Holography.

Sebagaimana diketahui, teknik dekomposisi spektral merupakan dasar dari perhitungan koefisien serapan bunyi seperti pada ASTM E-1050-98, maupun perhitungan rugi transmisi dengan empat mikrofon. Saya menggunakan teknik yang sama dalam metode saya untuk perhitungan rugi transmisi dengan dua mikrofon dan sumber impuls.

Saya memandang bahwa kegiatan bersama Professor Ryu itu sebagai kesempatan berharga bagi mahasiswa untuk belajar langsung dari pakar yang mengembangkan aplikasi pengujian material Bruel&Kjaer terutama berkait dengan tabung impedansi. Oleh karena itu, mahasiswa yang mengambil tugas akhir dan mengerjakan PKM di iARG wajib mengikuti kegiatan tersebut.

Bagi peminat dari luar Jurusan Fisika FMIPA termasuk dari universitas lain, silahkan mendaftarkan diri via email ke iwanyy@yahoo.com dengan cc kepada agcm2011@gmail.com. Tempat terbatas.

Salam.