Kuliah Gelombang – 0923124032 [Updated]

Dear Student,

Berbeda dengan edisi perkuliahan Gelombang pada semester yang lalu, kini kita memiliki kelas paralel; Kelas A yang dikelola Pak Harjana, dan Kelas B bersama saya. Penyajian kelas paralel ini memiliki misi utama untuk memperbaiki kualitas interaksi selama tatap muka maupun via web seperti ini.

Tata laksana perkuliahan dan bentuk tugas telah dibahas pada pertemuan pertama. Begitu pula dengan buku teks untuk perkuliahan. Karena pertimbangan limit fasilitas untuk uploading file pada blog ini, maka buku H.J. Pain, The Physics of Vibrations and Waves Edisi 6 (2005) setebal 570 halaman tidak dapat disediakan untuk diunduh secara langsung disini. Namun demikian, saya dapat mengirimkannya dalam bentuk attachment via email atau Anda dapat menghubungi rekan Anda saudara Hendrik Beni untuk memperolehnya.

Salam dan tetap semangat!

Update 2 September 2010:

Mahasiswa sekalian, diskusi satu jam kita hari ini telah sampai pada konsep impedansi spesifik dalam persoalan perambatan gelombang elastik. Saya berharap bahwa analogi yang berlaku di dalam analisis dengan Hukum Kirchoff maupun Hukum Ohm pada persoalan kelistrikan dapat memperkuat pemahaman terhadap esensi impedansi.

Pada pertemuan berikutnya kita akan berbincang tentang syarat batas, refleksi dan transmisi, energi gelombang, dan matching impedance. Kajian kita masih akan terfokus pada gelombang elastik. Beberapa contoh aplikasi konsep matching impedance dalam bidang industri dan engineering akan dibahas pula. Oleh karena itu, saya berharap Anda dapat terlibat lebih aktif dalam diskusi. Jika terdapat bagian yang dirasa kurang jelas saat membaca buku teks, maka silahkan mengirimkan pertanyaan via email atau comment ke blog ini selambatnya sehari sebelum jadwal perkuliahan. Saya insya Allah akan lakukan upaya maksimal untuk memberikan penjelasan.

Salam, tetap semangat, sampai bertemu di kelas tanggal 6 September 2010.

Update Tugas Posting di blog masing-masing mahasiswa:

Rosyid; Dewi Nugrahawati;