Acoustics Project

Dear Student,

Sebagaimana yang telah kita bahas dalam dalam pertemuan kedua, maka salah satu ‘misi besar bersama’ kita dalam perkuliahan Pengantar Fisika Akustik adalah berbentuk ‘Acoustics Project‘ yang dikerjakan secara berkelompok. Topik pilihan masing-masing kelompok akan dipampang pada halaman ini, dan secara keseluruhan harus telah didaftarkan selambatnya tanggal 14 September 2009.

Artikel dan atau publikasi yang direkomendasikan akan saya kirim via email. Jika diperlukan masing-masing kelompok dapat mengambil secara langsung ke kantor saya. Disamping itu, selain penelusuran memanfaatkan search engine, masing-masing kelompok disarankan memanfaatkan Acoustics Links yang tersedia pada halaman blog ini untuk penelusuran yang lebih efektif. Selamat bekerja kompak, semoga sukses memenuhi tenggat PKM 30 September 2009.

(1). Update tanggal 9 September 2009:

1. Feny (m0206080), Fransisca (m0206037), dan Novi (m0206056): Pemanfaatan serat selulosa sebagai bahan penyerap suara dan isolator panas.

2. Mahmudah, Mentari Laila R, dan Mukhlis Herwin M: Sound Absorption (catatan: kelompok ini harus memperjelas batasan proyeknya sehingga menjadi lebih spesifik).

Artikel pendukung untuk kedua kelompok ini agar diambil di kantor saya.

(2). Update tanggal 11 September 2009:

3. Herlina Tri W, Ike Mardiyati, dan Khoirul Palupi: Wood-gypsum cement bonded based acoustic panel

4. Subekti, Suminar R, dan Suryono: Terrain Noise Analysis: Railway Station

Link ke artikel pendukung untuk kelompok ketiga dan keempat telah saya sajikan dalam reply saya ke masing-masing kelompok

(3). Update tanggal 12 September 2009:

5. Ryanti Rahmawati, Sari, & Setyowati: Speech Intelligibility pada Bangunan Masjid. Link ke bacaan pendukung telah saya sajikan dalam reply saya kepada Ryanti.

(4). Update tanggal 13 September 2009:

6. Defi Sulistyana, Dewan Pratomo, dan Dewi Lestiana: Hybrid Active Filter. Bebebrapa bahan bacaan yang berkait saya sebutkan dalam balasan email saya ke Defi.

7. Syafi’ah Isnaini, Tatag Tri Laksono, Widi Cahyani: Vibration based Energy Harvesting. Saran sudah saya sajikan dalam reply ke Syafi’ah.

(5). Update tanggal 14 September 2009:

8. Sarroh W, Husain Haikal, dan Marizka: Home Theater Optimization.

9. Syafiah I, Tatag TL, & Widi Cahyani A: Kajian Akustik Musik Tradisonal.

10. Dyah Titi SW, Fajriah Mawar, dan Fahrudin Ahmad: Realtime Active Noise Cancellation.

11. Nurnafi Istiqomah, Nanang Agus S, & Prihanto Habib S: Voice Recognition System.

12. Fiscia Andrefika, Fuad Purnomo, dan Hasto Wuriatmo: Head to Head Piston & Solusi Peredaman Bising Mesin Kendaraan.

13. Sumaryanti, Agus Hidayatullah, dan Ari Yuni Ani: Acoustics Waves Distribution in a Pipe.

Saran dan komentar sudah saya tuliskan dalam reply ke masing-masing kelompok.

Salam.