Pengabdian Masyarakat: Sound Diffuser dari Kertas Bekas

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (P2M) dapat menjadi salah satu model pendekatan untuk difusi inovasi yang dicapai melalui kegiatan riset sinambung di laboratorium kepada publik atau masyarakat. Sehubungan dengan hal itu, maka pada tanggal 6 Juli 2014 Jurusan Fisika FMIPA, khususnya Lab Riset Akustik (iARG) telah melaksanakan kegiatan P2M dalam bentuk workshop sederhana berdurasi setengah hari berupa pemanfaatan limbah kertas dan styrofoam untuk membuat sound diffuser. Kegiatan tersebut berlangsung di Masjid Muhajirin Perumahan Ottawa, Telukan, Grogol Sukoharjo yang diikuti oleh tiga puluh orang anggota Remaja Masjid Muhajirin (Remarin).

Kegiatan mencakup pengetahuan dasar tentang sound diffuser dan sound absorber serta beragam contoh pemanfaatannya, pengenalan software sederhana, serta praktek pembuatan sound diffuser. Kegiatan berjalan lancar disertai antusiasme peserta. Beberapa peserta yang sebagian besar adalah siswa SMP dan SMU serta beberapa diantaranya mahasiswa mengajukan pertanyaan kritis sehingga memicu diskusi menarik.

iARG telah secara sengaja merancang dan melaksanakan kegiatan ini sebagai bagian dari model pengembangan aktivitas laboratorium yang bersifat integratif. Artinya bahwa sudah selayaknya aktivitas riset terfokus di laboratorium menjadi fundamen bagi penyelenggaraan kegiatan P2M dan bahkan bila perlu KKN Tematik dan upaya pengembangan bisnis (revenue generating) . Dengan begitu proses difusi hasil inovasi di lab dapat berlangsung dan terimplementasikan di tengah masyarakat secara lebih cepat.