Buku Baru: Principles of Musical Acoustics

Dear Student.

Saya sajikan ulasan pendek tentang sebuah buku baru seperti tampak di halaman ini.

Buku ini ditulis oleh William M. Hartmann merupakan seri Undergraduate Lecture Note in Physics yang diterbitkan oleh Springer tahun 2013. Jadi masih hangat sekali. Pembahasan diawali dengan definisi dan konsep bunyi yang disajikan dengan sederhana. Pada bagian berikutnya disajikan konsep getaran dalam dua bagian terpisah yang kemudian diteruskan dengan pembahasan gelombang bunyi termasuk gejala gelombang diam di dalam pipa. Konsep ini sangat penting terutama jika dikaitkan dengan instrumen musik tiup. Konsep intensitas bunyi dibahas dalam satu bab tersendiri setelah penyajian analisis Fourier. Secara keseluruhan buku ini merupakan bacaan sangat berguna bagi mereka yang memiliki minat khusus ke musik. Sajian yang berjumlah 27 Bab dan 8 Apendix memuat spektrum bahasan yang lengkap dan cukup mendetil untuk setiap ragam alat musik.

Bagi Anda para pemburu ebook, tentu tidak susah untuk memperoleh bentuk pdf lengkap buku ini dengan penelusuran yang efektif.

Hal yang belum terdapat di dalam buku ini adalah kajian tentang musik tradisional seperti misalnya Gamelan. Artinya, ‘kekuarangan’ dari buku baru ini dapat menjadi pemicu yang baik bagi Anak Bangsa Indonesia untuk lebih mencintai Budaya Sendiri dalam cara yang tidak biasa: berbagi kepada dunia tentang science beyond Indonesian Gamelan. Siapa mau…?

Bagi kalian yang memiliki minat yang tinggi terhadap kajian musik tradisional Indonesia, kolega saya Dr. Komang Merthayasa di Teknik Fisika ITB dapat menjadi salah satu tempat bertanya. Beliau dapat dihubungi via email: komang.merthayasa@gmail.com. Adapun laman webnya adalah http://www.akustika-indonesia.com/

[PS: Sejumlah instrumen dan perangkat lunak di iARG dapat digunakan untuk kepentingan riset akustik di bidang musik. Monggo, fell free to join ASC@iARG..!]