New Partnerships: Physics Dept. – CENE – iARG

Sebagai tindak lanjut dari kesepakatan perbincangan di forum ICOPIA – KPF tahun lalu, Departemen Fisika FMIPA UNS telah bersepakat untuk melaksanakan kerjsama riset khususnya dalam bidang Renewable Energy Developement dengan fokus pada Human and Community Welfare dengan Center of Excellences in Nanotechnology for Energy (CENE) Prince of Songkla University (PSU), Hat Yai, Thailand.

Sebagai langkah awal, telah disepakati untuk melaksanakan skema riset bersama untuk pengembangan hybrid power generating roof: yang memadukan capaian inovasi vibration energy harvesting di PSU dengan teknologi peredam bising yang dikembangkan di iARG. Untuk tujuan itu Prof Ari Handono, saya dan Prof. Nantakan Muensit (PSU) akan saling bekerja sama dalam skema ini. Beberapa peneliti lain dari Jurusan Fisika juga akan terlibat dalam kolaborasi ini.

Selain kolaborasi riset, kesepakatan antara CENE dan FMIPA juga mencakup joint publication, dan pertukaran staff dan mahasiswa. Informasi detil tentang CENE dapat dilihat di link ini: http://www.cene.psu.ac.th/