Porous Absorber Calculator, WinFLAG dan SoundFlow

Dear Student,

Bagi yang berminat dengan perancangan peredam, informasi berikut ini bermanfaat untuk kepentingan belajar dan berkreativitas Anda.

Porous Absorber Calculator:

Aplikasi ini dikembangkan berdasarkan materi yang tersaji di dalam Bab V buku Trevor J. Cox dan Peter D’Antonio: Acoustic Absorbers and Diffusers, Theory, Design,and Applications (Spon Press, 2004)*. Detilnya dapat Anda peroleh dari link berikut:

http://www.whealy.com/acoustics/Porous.html

WinFLAG dan SoundFlow:

Untuk kepentingan simulasi Anda dapat menggunakan WinFLAG yang dikembangkan oleh Morset Sound Development ataupun SoundFlow yang dikembangkan oleh AFMG. Keduanya merupakan aplikasi berbayar, namun juga terdapat versi trial yang dapat diunduh secara gratis. Coba link berikut untuk mendapatkan informasi lebih detil.

http://www.winflag.com/

http://www.nvo.com/winmls/winflag2/

http://soundflow.afmg.eu/

Untuk kepentingan pengujian dalam skala lab, bagi Anda yang memiliki minat yang serius terhadap bidang ini, dapat menghubungi saya. Sebagaimana yang telah saya kemukakan dalam posting yang lalu, Jurusan Fisika memiliki fasilitas pengujian yang sangat baik berupa teknologi terkini perangkat lunak Material Testing yang running pada Pulse V.16 dari Bruel&Kjaer dan dapat digunakan untuk pengujian serapan akustik maupun rugi transmisi (sound transmission loss).

Salam dan tetap semangat.

*: Versi elektronik dari buku ini dapat dilacak via EBOOKEE. Gunakan link yang telah saya sediakan di lajur kiri halaman blog ini.