Metodologi Penelitian Fisika – 2011 [updated]

Update 26 Agustus 2011: Bimbingan Proposal

Dear Student.

Hari ini saya mendapat daftar nama peserta kuliah Metodologi Penelitian berikut judul yang mereka ajukan untuk skema PKM yang mereka rencanakan. Diantara mereka terdapat enam nama yang oleh koordinator mata kuliah diarahkan untuk tergabung ke skema bimbingan saya. Mereka adalah Eki Muqowi, Riana Tri Setyadhani, Veetha Adiyani Pardede, Agus Tri Suranto, Dody Setiawan, dan Havet Syaibani.

Kepada keenam mahasiswa tersebut di atas, saya berharap draft proposal segera diselesaikan dan dikonsultasikan pada tanggal 5 September 2011. Sesuai hasil diskusi saya dengan Pak Fahru hari ini, terdapat sejumlah topik yang disarankan untuk diperbaiki sehingga kebaruan maupun kebermaknaan kajian menjadi lebih jelas.

Salam dan tetap semangat.

——————————————————————————————–

Dear Student,

Selamat datang di perkuliahan Metodologi Penelitian Fisika. Selanjutnya saya akan menggunakan forum ini untuk komunikasi segenap aspek yang berkait dengan perkuliahan termasuk update bahan ajar maupun tugas-tugas perkuliahan.

Sebagai bahan bacaan pengantar Anda diwajibkan untuk membaca tulisan Rajasekar et al (2006) yang berisi uraian yang sangat baik tentang seluk beluk metodologi penelitian secara praktis.

Klik disini untuk mendapatkan versi pdf-nya. Disamping itu saya juga menyarankan Anda untuk membaca bahan bacaan lain sebagai berikut:

Lab Monograph Introductory Experimental Physics by Muhammad Sabieh Anwar et al (karena ukuran file yang cukup besar tidak dapat disediakan disini, namun Anda dapat memperolehnya melalui jalur email pribadi)

Theory of Science and Research Methodology by Rolf Johansson;

Notes for Research Methods by Michael Marder;

Bahan bacaan pendukung lain akan saya sajikan kemudian. Semoga selalu bersemangat.

Salam.