Students Note: Kuliah Gelombang

Perkuliahan Gelombang merupakan salah satu mata kuliah wajib di Jurusan Fisika FMIPA UNS dengan bobot 4 SKS termasuk praktikum. Dalam rangka memantik semangat mahasiswa untuk semaksimal mungkin memahami konsep dan aplikasi gelombang dalam perspektif yang luas, maka salah satu tugas dalam perkuliahan adalah posting artikel bebas yang berkait dengan gelombang di masing-masing blog mahasiswa. Tugas ini bersifat wajib dan harus telah terlaksana sebelum tanggal 30 September 2009.

Berikut adalah link ke halaman blog mahasiswa beserta topik posting mereka masing-masing. Halaman ini akan terus di-update seiring dengan kemajuan pelaksanaan tugas mahasiswa. Tanda asteriks (*) pada nama mahasiswa menunjukkan bahwa posting tersebut masih harus diperbaiki sesuai saran saya dalam balasan email kepada masing-masing mahasiswa. Adapun tanda plus (+) merupakan indikator untuk the best posting so far. Tanda plus adalah apresiasi saya kepada para mahasiswa yang saya pandang menunjukkan usaha serius untuk ‘menulis dengan bahasa sendiri’. Saya juga mempertimbangkan aspek estetika dalam posting itu.

(1). Alfan Muttaqin: Sinyal radio deteksi serangan jantung (2). Setyaningrum Ambarwati*: Bedah otak cara baru dengan gelombang suara (3). Sri Jono Listiyanto*: Spektrum gelombang elektromagnetik (4). Anto Susilo*: Spektrofotometri inframerah (5). Adip Ma’rifu Sururi*: Radiasi gelombang SUTET (6). Nurul Khotimah*: Gejala gelombang (7). Khoiruddin (+): Berkenalan dengan soliton (8). Peny Rizki Ryandini: Kotroversi bahaya radiasi handphone (9). Wahyu Prasetyo*: Mengenal pemanfaatan gelombang mikro. (10). Rachman Hakim A (+): Apa sih gelombang FIR itu? (10). Masfiatur Rohmah (+): HAARP.