Perkuliahan Gelombang; update

Dear Student,

Alhamdulillah, setelah break semester, insya Allah perkuliahan akan mulai berjalan efektif sejak hari Senin besok. Sebagaimana halnya pada setiap sesi perkuliahan Gelombang sebelumnya, terdapat ketentuan pokok sebagai berikut;

1. Buku Text: The Physics of Vibrations and Waves – H. J. Pain Edisi 6 (2005) merupakan buku teks utama dalam perkuliahan. Bentuk cetak maupun soft copy (pdf) dari buku tersebut tersedia di Jurusan Fisika. Mahasiswa dibebaskan untuk memilih buku bacaan pendamping misalnya buku Gelombang karya Prof. Tjia Mei On. Mahasiswa yang berminat untuk memperoleh koleksi yang cukup lengkap bahan bacaan yang berkait dengan kuliah Gelombang dipersilahkan datang ke kantor saya. Rangkuman bahan ajar setebal 76 halaman telah tersedia di Jurusan Fisika, silahkan menghubungi Ibu Ning atau Mbak Dwi.

2. Karena Peraturan Rektor terbaru mewajibkan proses belajar mengajar yang berbasis kompetensi, maka evaluasi akan dilaksanakan sebanyak diperlukan. Oleh karena itu cara terbaik untuk sukses dalam perkuliahan ini adalah komitmen dan kerjasama kita semua, saya dan Anda sebagai sebuah kelas. Every day is test day without prior notice!

3. Disamping evaluasi dalam bentuk ujian tertulis, terdapat tugas wajib lain dalam bentuk publikasi secara digital. Setiap mahasiswa wajib membuat makalah (tema bebas) yang berkait dengan konsep maupun aplikasi gelombang kemudian di-upload ke blog masing-masing mahasiswa. Setelah di-upload mahasiswa diminta memberikan konfirmasi ke saya via email atau sms dengan menyertakan link tulisan yang telah di-upload tersebut.  Indikator bahwa tulisan tersebut dapat diterima manakala telah terdapat link dari halaman Student Note pada blog saya ini. Due date untuk tugas ini adalah 30 September 2009. Waktu Anda sangat pendek, jadi mulailah mengerjakannya dari sekarang.

4. Tidak diperkenankan ada aktivitas menggunakan hand phone selama berada di dalam kelas.

Salam, sampai bertemu di kelas dan sesi praktikum di lab.

Note: Ketentuan sejenis (nomor 3) berlaku pula untuk kelas Pengantar Fisika Akustik serta kelas Digital Signal Processing dengan due date yang sama pula.