Inventor’s Mindset – iARG Way!

Sebagai salah satu bagian penting dalam sistem transformasi ekonomi modern, fungsi perguruan tinggi (PT) sebagai penyumbang pertumbuhan ekonomi dalam perspektif knowledge-based economy semakin signifikan. Hal demikian berdampak langsung kepada sistem inovasi yang harus dibangun secara dinamis, terpadu, serta selaras dengan skema pengembangan strategis jangka panjang masing-masing PT. Dalam keadaan demikian, pengelolaan inovasi dan transfer teknologi beserta segenap aspek hak kekayaan intelektual yang terkandung di dalamnya, tidak dapat dihindari, menjadi persoalan strategis yang harus dipahami dengan benar oleh segenap civitas akademika.
Namun demikian, tidak jarang realitas sangat jauh dari harapan. Sangat mungkin terjadi bahwa di beberapa bagian atau unit kerja tertentu di universitas bahkan proses transfer teknologi tidak berjalan sama sekali akibat wawasan dan kesadaran terhadap pengelolaan inovasi serta hak kekayaan intelektual masih sangat terbatas.
Secara hal tersebut berkait dengan mindset inventor yang tidak dimiliki oleh sebagian besar pengajar di universitas. Tulisan ini berisi sejumlah panduan praktis yang didedikasikan kepada mereka, para inventor, yang belum pernah melakukan proses drafting paten. Detilnya silahkan klik disini. inventor-iarg-way