Topik Riset Berjalan di iARG

Dear Students,

Bagi Anda yang memiliki minat di bidang akustik, berikut saya informasikan lingkup dan topik besar riset yang berjalan di iARG saat ini:

1. Pengembangan modular sound diffusorber. Kajian mencakup pengembangan rancangan baru peredam dan penghambur bunyi modular untuk aplikasi di dalam dan di luar ruangan. Ragam produk utama yang dihasikan berupa wall mounted sound diffusorber, hanging baffle, hanging sound absorber dan partisi.

2. Pengembangan metamaterial akustik. Kajian difokuskan pada pengembangan metamaterial berbasis HR dan ragam resonator lain dengan orientasi produk peredam di ranah frekuensi rendah. Termasuk dalam ranah ini adalah pengembangan material fungsional (akustik -reologis) baru dari bahan karet untuk beragam aplikasi di bidang  teknik dan industri.

3. Sound driven energy harvesting: pengembangan teknologi pengenndalian bising dengan fitur pemanenan energi yang dipicu bising dan getaran.

4. Music content and speech analysis.

Bagi Anda yang memiliki minat kajian pada keempat ranah tersebut di atas, atau di bidang akustik yang lain, silahkan bergabung di iARG dan ASC@iARG.

Salam.