Saran Berkait Predatory Journals

Dear All,

Hari ini saya mendapat pesan singkat (sms) seorang sejawat yang meminta saya untuk melacak jurnal dan publisher tertentu ke data base Scopus. Karena saya tidak bisa mengakses Scopus dari rumah, maka saya mencoba cara lain yakni melakukan penelusuran via Scimago dan DOAJ. Cara sederhana ini selalu saya lakukan jika hendak mengecek keabsahan sebuah open access journal.

Ketika saya memasukkan nama yang diberikan sejawat tadi ke Scimago, saya menemukan tujuh jurnal yang menggunakan nama yang mengandung tiga kata yang sama dengan yang diberikan sejawat tadi. Namun tidak satu pun yang ISSN-nya cocok. Saya penasaran, lalu melacak lagi via DOAJ; tidak terdaftar. Kecurigaan muncul, maka saya masuk ke laman yang disediakan oleh universitas Manchester: Open Access at Manchester. Beberapa saran bermanfaat berkait predatory journals and publisher disediakan di laman ini. Hasilnya, seperti yang saya duga, publisher yang menerbitkan jurnal yang disebut sejawat tadi terkategorikan sebagai publisher yang ‘DIDUGA’ sebagai predatory publisher. Wow..!

Tentu kita semua sepakat bahwa terlalu beresiko untuk mempublikasikan manuskrip hasil riset di jurnal seperti itu. Maka, sangat bijaksana bagi setiap dari kita untuk memilih jurnal target publikasi dengan berhati-hati. Salah satu sumber yang banyak diakses orang berkait persoalan seperti ini adalah blog Jeffrey Beall. Linknya disini.

Berkait blog Jeffrey Beall, pencantuman dalam posting ini bukan berarti bahwa penilaiannya bersifat mutlak meski memang otoritas kita (Dikti) menggunakan list dari blognya sebagai salah satu pertimbangan dalam penilaian sebuah publikasi. Sebagai seorang scholar, tentu sangat baik untuk bersikap kritis, termasuk terhadap penilaian seorang diri oleh Jeffrey Beall. Link berikut adalah salah satu contoh pengeritik keras penilaian Jeffrey Beall.

http://www.scholarlyoa.net/about_jeffery_beall.htm

So, sekali lagi, sangat penting untuk bersikap hati-hati dan bijaksana disaat akan memilih jurnal target publikasi. Sebisa mungkin mulailah dari jurnal dan publisher yang jelas bereputasi.

Salam.

 

http://www.scholarlyoa.net/about_jeffery_beall.htm