iARG Research on Progress

Alhamdulillah, empat skema riset strategis sedang berjalan di iARG saat ini. Tema pertama berkait dengan pengembangan Sound Diffusorber yakni paduan rancangan antara high performance sound absorber dengan improved sound diffuser. Model yang dikembangkan diberi kode iARG-X2 yang merupakan perbaikan dari sukses kinerja model iARG-X1 yang diperoleh dari skema riset tahun lalu. iARG-Xi Series dirancang untuk aplikasi indoor maupun outdoor, bersifat modular, sehingga dapat digunakan untuk room acoustics termasuk living room, sekolah, masjid dan perkantoran, highway noise barrier, dan lain-lain aplikasi yang menuntut pengendalian ketat pada bentang frekuensi rendah maupun frekuensi tinggi. Riset ini melibatkan tiga mahasiswa S1 dan satu mahasiswa S2 yang mengambil bagian tertentu dari skema riset bejalan untuk menjadi topik tugas akhir mereka. Pembiayaan didukung dari Skema Riset Unggulan Perguruan Tinggi tahun 2014 Dikti.

Tema kedua merupakan kolaborasi riset dengan pihak Universiti Teknologi Malaysia (UTM) dengan tajuk pengembangan elastomer magnetoreologis berbahan utama dari karet ban limbah untuk dijadikan sebagai smart noise absorber. Kajian tahun pertama difokuskan pada teknik fabrikasi dan pengujian sifat akustik. Dukungan pembiayaan sebagian bersumber dari dana riset PNBP UNS 2014 dan sebagian dari pihak UTM. Riset ini diharapkan dapat memberi support terhadap penyelesaian disertasi seorang staf pengajar Jurusan Teknik Mesin yang kini sedang menempuh S3 di UTM.

Tema lain adalah ‘tema riset klasik’ iARG yakni pengembangan power generating sound absorber generasi kedua. Proyek ini merupakan perbaikan dari konsep iSAE dengan peningkatan pada rancangan struktur internal resonator.

Topik keempat merupakan ranah kajian baru bagi iARG yang dimulai sejak setahun yang lalu yakni kajian respon akustik phononic crystal (kajian metamaterial akustik), termasuk pengembangan penetrable scatterrer based sound duffiuser.

Mahasiswa yang berminat [kuat] terhadap satu diantara keempat topik kajian tersebut diberi kesempatan untuk join ASC@iARG.